Jasa Nikah Siri Surabaya Lengkap Tempat, Saksi & Surat Nikah

Ini adalah Jasa Nikah Siri Surabaya Yang amanah dan terpercaya Selain itu Menjalankan Sesuai dengan syariat Agama Islam Percayakan Pada Kami

Selain itu Kami menyediakan Supaya Pernikahan Anda Berjalan Lancar Seperti Tempat Nikah, saksi-saksi, Wali Hakim Dan surat Nikah Siri

Informasi Lengkap Konsultasi serta Pertanyaan seputar Jasa Nikah Siri Surabaya Tlp/WA 0813-9217-5464 Atau Anda Dapat Menghubungi kami dengan mengklik tombol berikut ini :

Daftar Isi Tutup

Pengertian Nikah Siri Menurut Ahli, Serta Dampak Positif dan Negatifnya

Pengertian nikah siri banyak didefinisikan oleh para ahli. Pernikahan siri dikenal sebagai zawaj ‘urfi, yaitu pernikahan yang memenuhi syarat sah tetapi tidak terdaftar secara resmi oleh pegawai pemerintah yang mengurusi perkawinan (KUA).

Pengertian Nikah Siri Menurut Ahli

Terdapat beberapa pengertian pernikahan secara siri menurut para ahli, yakni:

Mukhlisin Muzarie

Menurut Mukhlisin Muzarie, pengertian nikah siri yaitu perkawinan yang secara materiil telah sesuai dengan ketentuan syariat sesuai dengan maksud Undang-Undang Perkawinan. Namun, juncto pasal 10 ayat 3 PP Nomor 9 Tahun 1975 tidak memenuhi syarat ayat 2 pasal tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974.

Jaih Mubarok

Pengertian nikah siri menurut Jaih Mubarok adalah nikah yang tidak tercatat di PPN (Pencatat Nikah) atau nikah yang dilakukan oleh umat Islam di Indonesia. Selain itu, dalam bukunya yang berjudul Modernisasi Hukum Perkawinan di Indonesia menyebut dalam nikah siri, rukun maupun syarat pernikahan harus terpenuhi.

Idris Ramulyo

Nikah siri menurut Idris Ramulyo hampir sama dengan Jaih Mubarok. Pengertian nikah siri ialah perkawinan yang dilakukan oleh umat Islam Indonesia yang memenuhi rukun dan kriteria perkawinan. Namun saja, tidak terdaftar pada Pejabat Pencatat Nikah.

Tanwirul Afkar

Dalam buku Fiqh Rakyat, pengertian nikah siri yaitu perkawinan yang memenuhi semua kriteria dan rukun, antara lain ijab kabul, wali, dan saksi. Kemudian, Tanwirul Afkar melanjutkan bahwa dalam nikah siri, mereka (suami dan istri, wali, dan saksi) sepakat untuk merahasiakan pernikahan siri dari masyarakat lainnya.

Dalam hal ini, seringkali laki-laki yang menyuruh kedua saksi untuk merahasiakan berita pernikahan siri tersebut.

Muhaimin

Dalam penelitian Fakultas Hukum UGM pada tahun 1993, nikah siri telah memberi gambaran sebagai pernikahan yang dilakukan sesuai dengan pedoman agama (Islam).

Muhaimin melanjutkan dalam penelitiannya yang berjudul “Praktek Kawin Siri di Masyarakat Islam”, nikah siri tidak memiliki kekuatan hukum karena belum tercatat di KUA.

Akibatnya, mereka tidak mendapatkan akta otentik sebagai bukti pernikahannya, seperti akta nikah atau buku nikah.

Dampak Positif dan Negatif Nikah Siri Surabaya

Berikut ini adalah dampak negatif maupun positif yang bisa timbul dari pernikahan siri Menurut Jasa Nikah Siri Surabaya :

Dampak Negatif

Terdapat beberapa kerugian yang timbul dari pernikahan siri. Misalnya, tidak bisa mempertanggung jawabkan di mata hukum negara atau pemerintah. Akibatnya, mereka tidak akan dapat membuat surat menyurat ahli waris. Selain itu, penyalahgunaan nikah siri bisa berupa perselingkuhan.

Selain contoh yang tadi, berikut ini adalah beberapa dampak negatif dari nikah siri :

  • Dalam pandangan hukum, perempuan dan anak dari perkawinan yang tidak menuliskan adalah rentan.
  • Pernikahan siri memiliki pengaruh administratif kependudukan.
  • Ketidakamanan ekonomi dalam keluarga.
  • Status sosial perempuan melemah.
  • Integritas keluarga rentan.
  • Hak dasar anak tidak terpenuhi sebagaimana mestinya.
  • Efek psikologis dan sosial pada anak-anak.
  • Perkawinan yang tidak tercatat berdampak pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Dampak Positif

Meski memiliki dampak negatif, namun ada dampak positif yang pasutri alami dalam nikah siri, antara lain :

  • Meminimalisir perkembangan penyakit HIV/AIDS dan penyakit genital lainnya.
  • Meringankan tanggung jawab atau beban perempuan yang sebelumnya menjadi tulang punggung keluarga.
  • Menghindari maksiat dan menjauhkan perzinahan.
  • Ketika perempuan hamil, anak masih diakui dalam agama, selama pernikahannya sah dalam Islam.

Sudah Tahu Pengertian Nikah Siri dan Dampaknya ?

Itulah pengertian nikah siri menurut para ahli. Segala sesuatu dalam Islam tertata dengan sempurna, bahkan pernikahan. Apabila syarat-syarat dan rukun-rukun nikah terpenuhi pada saat nikah siri, maka hukum nikah siri menurut agama adalah sah.

Jasa Nikah Siri Surabaya Mengambil Sumber Informasi Yang Lengkap Bisa membaca berikut ini :

a. Pengadilan Agama Sorean

b. Kementerian agama

c. Irma devita ( Akibat dan Hukum Nikah Siri )

d. Nikah Siri Perspektif hukum islam Kontemporer

e. Informasi Kementeriaan urusan agama

f. Skripsi Mahasiswa

Hukum Nikah Siri Menurut Para Ulama Kontemporer

Secara umum, nikah siri merupakan pernikahan yang mana dua orang calon mempelai dengan hadirnya wali dan dua orang sebagai saksi melangsungkan tanpa terdaftar secara hukum.

Status nikah siri sah menurut agama, namun tidak sah secara negara. Persoalan pernikahan siri inilah yang menjadi konsentrasi kajian yang para ulama kontemporer melakukannya agar mendapatkan lagi hukum yang sesuai dan bisa melindungi semua kalangan.

Hukum Nikah Siri Menurut Ulama Kontemporer

Sebenarnya, para ulama salaf (terdahulu) sudah menetapkan bahwa selama pernikahannya memenuhi syarat dan rukun nikah yang sudah sama menyepakati, maka Jasa Nikah Siri Surabaya status nikahnya sah dan halal.

Namun, beberapa ulama kontemporer mempunyai pandangan berbeda mengenai hukum nikah siri, karena nikah siri dapat menimbulkan beberapa mudharat (efek negatif).

Menurut Prof.Quraish Shihab

Ulama tafsir Indonesia, Prof. Dr. Quraish Shihab berpendapat bahwa sangat penting melakukan pencatatan pernikahan sesuai ketentuan negara sebagai bagian dari sikap taat kepada aturan pemerintah.

Jika nikah sah secara agama namun tidak tercatat secara hukum, maka pelakunya berdosa. Maka, hukum nikah siri menurut Prof. Quraish adalah tidak boleh melangsungkan.

Menurut Buya Husein Muhammad

Ulama feminis, KH. Husein Muhammad berpendapat bahwa menikah siri ini tidak boleh karena dapat menimbulkan dampak negatif bagi anak-anak dan perempuan.

Perempuan yang rentan mengalami kekerasan dan ketidakadilan dalam rumah tangga tidak bisa mendapat perlindungan dan pembelaan secara hukum dari negara jika menjadi korban kekerasan.

Tentu ini sangat merugikan salah satu pihak dan jauh dari kemaslahatan atau kebaikan bersama. Maka, sama seperti Prof. Quraish, hukum nikah siri menurut Buya Husein adalah tidak baik.

“Jika Anda nikah siri, silakan, tapi Anda jangan berhubungan dengan negara. Artinya, kalau ada konflik antara suami istri, maka tidak ada penyelesaian dari pengadilan misalnya. Nggak bisa sama sekali…”

“… Bagaimana jika suami meninggalkan istrinya begitu saja, lalu istri mengadu kepada siapa?” Jelas KH. Husein Muhammad dalam channel Mubadalah.

Menurut Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar

Imam besar masjid Istiqlal, KH. Nasaruddin Umar mengatakan nikah siri menimbulkan banyak mudharatnya. Nikah siri akan menimbulkan banyak masalah bagi suami-istri karena pernikahannya tidak tercatat negara.

Tidak hanya berdampak pada suami dan istri saja, nikah siri juga berdampak pada anak yang mereka lahirkan. Oleh karena itu, KH. Nasaruddin Umar juga berpendapat bahwa hukum nikah siri itu merugikan.

Nikah Siri Itu Tidak Maslahat

Setelah membaca pendapat dari ulama kontemporer tersebut, maka bisa masyarakat pahami bahwa nikah siri bisa membawa dampak negatif bagi seluruh anggota keluarga.

Adapun dampak negatifnya adalah pasangan suami istri tidak akan mendapatkan surat nikah sebagai tanda legalnya sebuah hubungan.

Selain itu, anak juga akan sulit mendapatkan akte kelahiran, sulit mengurus kartu keluarga, anak perempuan sulit mendapat hak perwalian dari bapaknya, sulit mendapat warisan, dan lain-lain.

Melihat banyaknya dampak negatif maka wajar jika beberapa ulama kontemporer berpendapat hukum nikah siri itu berbahaya. Ini karena sejatinya pernikahan sendiri bertujuan agar keduanya mendapatkan ketenangan dan kebaikan dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

Sudah Paham Hukum Nikah Siri Menurut Ulama Kontemporer ?

Pernikahan adalah ibadah sakral yang dalam pelaksanaannya tidak boleh menyakiti atau merugikan satu sama lain baik dari pihak suami maupun istri.

Menghindari nikah siri cara untuk menerapkan kemaslahatan dan kebaikan bersama, karena nikah siri melanggar kemaslahatan umum yang menjadi tujuan syariat situ sendiri.

Berikur Referensi dari Jasa Nikah Siri Surabaya Supaya Mendapatkan berbagai Macam Pandangan agama Tentang pernikahan tersebut :

a. Sukardi Paraga Menjelaskan Berkaitan Tentang Nikah Siri Khususnya Perspektif Islam Serta Hukumnya

b. Pengadilan agama Pulang Pisau

c. sumber Dari Kementeriaan agama

6 Syarat Nikah Siri Surabaya Agar Sah Pada Mata Agama

Syarat nikah siri hanya berlaku untuk orang yang beragama Islam saja. Dalam hukum Islam sendiri, pernikahan akan sah jika 5 rukun nikahnya sudah terpenuhi.

Syarat Jasa Nikah Siri Surabaya Sesuai agama

Nikah siri juga sering biasa menyebutnya dengan nikah bawah tangan. Nikah siri sendiri merupakan pernikahan yang tidak tercatat dalam Kantor yang mengurus Agama atau KUA serta tidak memiliki kekuatan hukum. Namun, Anda harus memenuhi syarat nikah siri berikut ini :

Pertama Memenuhi Lima Syarat Rukun Islam

Pernikahan siri ini menganggap sah pada mata agama Islam. Namun, hal ini bisa sah jika sudah memenuhi rukun nikah tersebut. Rukun nikah ini antara lain adalah ada mempelai laki serta wanitanya, wali nikah, dua orang laki yang menyaksikan, dan pengucapan ijab kabul.

Namun, tidak hanya itu saja. Selain rukun nikah sendiri, ada beberapa ketentuan yang harus Anda penuhi agar syarat nikah siri menjadi sah.

Mempelai laki nya Tidak Mempunyai lebih dari Empat Istri

Jika mempelai lakinya telah mempunyai istri lain sebelum terjadinya melakukan perkawinan siri, maka total istrinya itu kurang dari empat orang istri.

Selain itu, agar afdhol sebaiknya seorang mempelai lakinya ini telah meminta memohon izin atau menginformasikan terlebih dahulu terkait mengenai niat untuk pernikahan sirinya kepada istri yang lainnya.

Mempelai Wanita Sudah Mendapatkan Izin dari Wali Sah

Syarat nikah siri selanjutnya adalah apabila mempelai wanita sudah mendapatkan izin restu dari wali nasab yang sah. Dengan begitu, maka pernikahan siri ini secara agama menganggap Sah.

Wali yang paling utama itu urutannya ayah kandung wanita sendiri. Namun, jika ayah kandung wanita sudah meninggal, dengan saudara sekandungnya yang laki-laki atau saudara pihak ayah yang pria sebagai pengganti walinya.

Syarat Menunjuk untuk Wali Hakim

Meskipun tata cara pernikahan siri lebih sederhana daripada perkawinan resmi yang telah tercatat pada KUA, maka nikah siri tidak bisa Anda lakukan secara diam-diam tanpa sepengetahuan dari keluarga pihak mempelai perempuan.

Terlebih lagi jika wali sahnya masih hidup, maka penunjukan wali hakim tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Apabila wali sahnya tidak bisa untuk menikahkan mempelai wanita, maka penunjukan wali hakim untuk syarat Jasa nikah siri Surabaya ini harus atas sepengetahuan dan izin dari wali yang sah.

Tidak boleh dalam Terpaksa

Peringatan untuk Anda perhatikan, bahwa pernikahan siri ini tidak bisa Anda lakukan secara terpaksa. Terlebih lagi dengan status pernikahan yang tidak mendapatkan payung perlindungan hukum negara, sehingga memiliki risiko yang dapat bisa mungkin terjadi nantinya bisa jauh lebih besar mudhorotnya.

Tidak dalam Keadaan Umrah

Syarat pernikahan siri lainnya yang harus Anda penuhi agar pernikahan ini sah dalam pandangan agama Islam harus tidak boleh sedang dalam melakukan keadaan ritual berhaji atau ibadah umrah.

Jika memang Anda ingin melangsungkan pernikahan dari tanah suci, maka lakukanlah sebelum serta setelah rutinitas ibadah haji dan umrah Anda lakukan.

Cukup Kompleks, kan Syarat Jasa Nikah Siri Surabaya Ini ?

Setelah lengkap semua syarat rukun nikah ini terpenuhi, maka kedua calon suami istri yang akan menikah siri harus mengetahui serta menyadari bahwa dalam status perkawinannya tersebut tetap tidak sah secara hukum.

Pernikahan ini tidak memiliki catatan pada Kantor Urusan Agama dan tidak akan berimbas nantinya pada dokumen aturan negara yang ada.

Dan inilah beberapa syarat pelaksanaan Jasa nikah siri Surabaya yang sangat penting untuk Anda ketahui. Jadi, menurut Anda lebih baik mana menikah secara siri atau melangsungkan pernikahan secara resmi ?

Namun, semua kembali lagi pada keinginan dan persepsi Anda sebagai orang yang akan menjalani pernikahan tersebut. Hal ini bisa berlangsung secara baik apabila memang sudah mendapatkan keikhlasan dari kedua belah pihak.

Mengambil Sumber Referensi Yang Bisa Anda Baca Pada idntimes.com dan viva.co.id

Unsur yang Harus Ada dalam Surat Nikah Siri Surabaya Beserta Contohnya

Pasangan suami istri yang menikah dalam perkawinan siri harus membuat surat nikah siri untuk membantu pengurusan tuntutan administrasi terhadap perkawinan yang tidak tercatat di negara. Tujuannya sebagai alternatif untuk memenuhi berbagai persyaratan administrasi yang dapat memberi manfaat.

Hal tersebut karena pasangan yang memilih untuk menikah secara agama atau karena sudah menikah secara siri mungkin merasa sulit untuk menangani beberapa masalah seputar manajemen kependudukan.

Surat nikah siri ini berfungsi sebagai alat untuk menentukan keaslian pernikahan yang Anda lakukan. Sehingga negara dapat mengakui perkawinan itu sebagai salah satu perkawinan yang sah.

Unsur yang Perlu Ada dalam Surat dari Jasa Nikah Siri Surabaya

Sejumlah unsur harus ada dalam sebuah surat jasa nikah siri Surabaya. Selain itu, pastikan bahwa pernikahan siri memenuhi semua dasar-dasar pernikahan dalam Islam. Hal ini penting untuk memastikan bahwa pernikahan siri sesuai dengan hukum agama Ketika melakukannya. Adapun, berikut adalah unsur-unsur dalam suratnya :

Menulis Nama Surat Pernyataan Nikah Siri

Unsur pertama yang harus ada dalam membuat surat ini yakni nama surat. Ketika membuat nama atau keterangan surat, letakkan keterangan surat di posisi tengah dan dengan menggunakan huruf kapital.

Menulis Identitas

Identitas kedua pasangan menjadi unsur selanjutnya dalam surat pernikahan siri. Tuliskan identitas lengkap suami istri, termasuk nama, tempat lahir, umur, pekerjaan, dan alamat.

Isi Surat

Salah satu unsur terpenting dari surat nikah siri itu isi pernyataannya. Sebab, nanti akan dalam isi bahwa hubungan kedua belah pihak telah terikat sebagai suami istri oleh agama untuk menjelaskan.

Cantumkan Saksi

Unsur selanjutnya yakni mencantumkan saksi. Dalam pernikahan secara siri, suami istri harus mencantumkan tanda tangan orang yang menjadi saksi.

Pernyataan Pejabat Daerah

Pemerintah setempat yang bersangkutan menyatakan bahwa pernikahan siri yang suami istri lakukan oleh pejabat daerah seperti Rukun Tetangga (RT) ataupun Rukun Warga (RW) Mengetahui dan Mengesahkan.

Tanda Tangan Kedua Pihak

Tanda tangan antara pasangan suami istri harus menjadi hal terakhir pada pernyataan pernikahan secara agama atau siri ini. Nantinya, Tanda tangan ini akan berguna untuk mengesahkan kesepakatan kedua belah pihak.

Contoh Surat Nikah Siri

Biasanya, cara menulis surat pernyataan sendiri dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pemerintah daerah. Namun, berikut ini adalah contoh umum yang dapat Anda ikuti dalam membuat surat nikah secara agama :

Sudah Tahu Cara Membuat Surat Nikah Siri dengan Benar ?

Demikian artikel mengenai unsur apa saja yang harus ada dalam surat nikah siri. Pada dasarnya, pernikahan siri tidak tercatat secara sah menurut negara. Namun, keberadaan surat ini, serta adanya saksi dan sepengetahuan pejabat setempat, dapat membantu meningkatkan status pernikahan pasangan suami istri secara agama.

Sumber yang lengkap dari halaman blog justika pengacara tentang surat pernyataan nikah siri serta contohnya

Alamat Tempat, Biaya dan Syarat Jasa Nikah Siri Surabaya

Kemudian Kami Informasikan Berikut ini Alamat, Biaya Serta Sayarat Menggunakan Jasa Pernikahan Secara agama Kami :

Alamat Tempat Nikah Siri Surabaya

Anda Bingung Mencari tempat untuk proses pernikahan ? jangan khawatir kami sudah menyediakan tempat pelaksanaan pernikahan, sehingga anda tidak perlu menyediakan tempat perkawinannya

Kemudian Dimanakah Alamatnya ? Alamat Pastinya akan kami sharelok dan pandu melalui whatsapp, ancer-ancer tempatnya kurang lebih 1 Km Utara Masjid Agung Surabaya berlokasi di tengah kota

Berikut Biaya Nikah Siri Surabaya

Berapakah Biaya Jasa Nikah Siri Surabaya ? Informasi Biaya Nikah kami menginformasikan melalui whatsapp Karena tiap tempat dan orang memiliki biaya yang bervariatif

Kemudian Biaya tersebut kami gunakan untuk memberikan fee kepada orang-orang yang berada didalam pernikahan sperti saksi nikah, penghulu beserta transpot dan sewa tempat acara nikah

Jika Sudah Siap, Berikut Syarat Jasa Nikah Siri Surabaya

Bagi Anda yang hendak Menikah Berikut Persyaratanya :

  1. Siapkan salah satu Identitas seperti KTP atau SIM/Paspor Salah Satu Saja ya anda Fotokan Pakai HP lalau mengirimkan ke Whatsapp Kami
  2. Kemudian Menyebutkan Nama Ayah Kandung Kedua Mempelai
  3. Selanjutnya Menyebutkan Maskawin/Mahar Nikah
  4. Dan Menyebutkan Hari-Tanggal Serta Jam Nikah
  5. Selain itu Menyiapkan Materai 10000 Sebanyak 4 Buah
  6. Menyiapkan Foto Background Bebas Ukuran 2×3 Masing-Masing Dua Buah

Keterangan : ” Nomor 1 sampai 4 Dikirim ke WA Kami dan Nomor 5 dan 6 Dibawa Kelokasi Nikah “

Hubungi Kami Tekan Klik Tombol Whatsapp Kami Berikut :

error: Content is protected !!